Melindungi Konten Feed Wordpress Dari Pencuri KontenMelindungi Konten Feed Wordpress Dari Pencuri Konten Melindungi Konten Feed Wordpress Dari Pencuri Konten Melindungi Konten Feed Wordpress Dari Pencuri Konten

Melindungi Konten Feed Wordpress Dari Pencuri Konten

Monday, August 30, 2010

Jika anda seorang blogger yang sedang kesel and nyolot, karena konten blog anda di curi secara rutin setiap kali meluncurkan artikel, mungkin sejumlah tip dari saya dapat membantu. Tentu tidak ada seorang pun yang sudi kerja kerasnya di ambil begitu saja oleh orang lain, terlebih lagi malah mendapat rugi sedangkan mereka mendapat untung, sudah begitu boro-boro dapat terima kasih
Nah dari pada hanya kesel mending mengambil tindakan nyata dengan melakukan perlindungan terhadap konten anda atau bahkan melakukan serangan balik yang berdampak di hukum-nya pihak pencuri artikel anda.

Lalu kenapa harus melindungi artikel kita? Karena seringkali blog halaman si pencuri malah lebih bagus di hasil pencarian Google, di banding halaman blog kita sendiri, ini dikarenakan Google “terkadang” salah menilai antara – halaman mana yang menduplikasi – dan halaman mana yang di duplikasi. Jika halaman kita terdeteksi sebagai halaman yang menduplikasi maka posisi halaman kita berada di bawah si pencuri.
Berikut ini saya uraikan sejumlah langkah untuk melindungi konten blog anda juga memberi pelajaran kepada si pencuri (jika anda mau) dengan begitu, setidaknya kita tidak hanya menjadi korban, oke inilah dia:
Tindakan perlindungan:
Walaupun banyak teknik dan cara melindungi feed konten dari scapper namun saya rasa ke 2 cara ini sudah cukup, setidaknya tidak mubazir, namun jitu.
1. Pastikan memilih Summary pada menu feed, mungkin pilihan ini tidak mengenakan bagi mereka yang lebih suka membaca konten blog lewat Feed karena jadinya sepotong-sepotong, namun mau bilang apa karena feed telah di salah gunakan oleh oknum tertentu, ok untuk memilih Summary anda ke Settings -> Reading, lihat bagian For each article in a feed, show kemudian klik “Summary”
Manfaatnya: Artikel anda tidak terpublish seluruhnya di blog pencuri, mau tidak mau harus “read more” ke artikel asli.
2. Gunakan plugin RSS Footer, sempurnakan cara diatas dengan plugin ini, karena biarpun feed anda di set Summary namun si pencuri feed umumnya memberi atribut Nofollow ke link artikel anda atau sama sekali tidak melink artikel anda, sehingga Google tidak dapat mendeteksi bahwa link andalah yang asli, oleh karenanya plugin ini akan memberi link di setiap posting di feed anda.
Perlu di ketahui bahwa memberi link pada setiap potongan posting anda di halaman feed sangat di rekomendasikan untuk menentukan halaman mana yang asil menurut Matt Cutts:
“…if the syndicated article has a link to the original source of that article, then it is pretty much guaranteed the original home of that article will always have the higher PageRank, compared to all the syndicated copies. And that just makes it that much easier for us to do duplicate content detection and say: “You know what, this is the original article; this is the good one, so go with that.” Sumber.
Sebagai contoh klik di feed ini, dan dapat di lihat tepat di setiap bagian bawah judul posting ada tulisan seperti ini:
judul posting (berserta link halaman) adalah salah satu artikel di: Abi Bakar Blog (link homepage)
Manfaatnya: Jika konten feed rekan di curi maka link halaman berserta link homepage rekan akan tampil di seluruh halaman blog si pencuri konten feed. Dengan gini Google akan mendeteksi bahwa halaman anda yang asli plus akan menambahkan banyak backlink ke blog anda.
Download Plugin RSS Footer di sini.
Menghukum si pencuri konten:
Anda bisa melakukan tindakan hukum dengan melaporkan ke Google bahkan ke pihak Adsense jika mereka memasang Adsense.
1. Laporkan ke Google, walaupun memerlukan waktu lama dan terkadang membuat frustrasi karena lama menunggu, namun tidak ada salahnya mencoba. Laporkan ke Google, anda juga dapat menulis DMCA (Digital Millennium Copyright Act) untuk melaporkan splog, namun di perlukan usaha lebih, yakni dengan menulis pengaduan lalu mengirimkannya via fax dan cara ini jauh lebih cepat, untuk panduan silahkan ke sini.
2. Laporkan ke Feedburner dari blog si pencuri di sini, namun anda harus login terlebih dulu ke Feedburner.
3. Laporkan pihak hosting tempat blog si pencuri, biasanya blog splog (spam blog) menutup whois domain sehingga hosting blog mereka tidak terdeteksi, jika begitu gunakan layanan deteksi domain bernama:
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diposting berikutnya!





Artikel Yang Berkaitan:



Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Update Dari SEMUA TUTORIAL:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes